Friday, January 9, 2009

5 Kandidat Pemain Terbaik Dunia 2008


Jakarta - Badan sepakbola dunia FIFA telah merilis nama lima kandidat dalam persaingan untuk memperebutkan predikat pesepakbola terbaik dunia tahun 2008. Inilah profil singkat dari mereka:
Cristiano Ronaldo:
Winger internasional Portugal ini diberkati dengan kekuatan, kecepatan, kemampuan bertarung di udara dan memiliki tembakan yang luar biasa. Tandukan kepalanya juga sangat berbahaya dan itu dibuktikan saat final Liga Champions musim lalu.Dia bergabung di Manchester United setelah David Beckham pergi. Ekspetasi tinggi pun diberikan pada Ronaldo yang diboyong oleh MU dari Sporting Lisbon dengan transfer 12,24 juta poundsterling pada 2003. Dengan bertambahnya jam terbang di Old Trafford, pemain bernomor punggung 7 ini menjelma menjadi mesin serangan Mu yang cukup berbahaya. Kaki dan kepalanya juga sangat berbahaya sehingga membuatnya menjadi mesin gol bagi MU. Musim lalu Ronaldo berhasil mencetak 42 gol dan sekaligus membawa MU menjadi juara Premier League dan Liga Champions. Ia pun mencatatkan namanya sebagai top skor Liga Inggris, pemain terbaik dunia 2008 versi FIFPro.Gelar Ballon d'Or juga direbut oleh pemain yang memiliki nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro ini. Maka sangatlah pantas jika Ronaldo menjadi salah satu kandidat pemain terbaik dunia oleh FIFA.
Fernando Torres:
Pemain yang dijuluki El Nino ini langsung mendapat tempat dalam hati fans Liverpool. Ia mencuri perhatian sejak pindah dari Atletico Madrid ke Anfield dengan transfer 20 juta poundsterling. Torres disebut punya kemampuan perpaduan antara dua mantan striker besar Liverpool Ian Rush dan Kenny Dalglish. Dia punya kecepatan dan keakuratan dalam mencetak. Dia juga mampu menjadi penghubung antara pemain dan menempatkan posisinya.Torres sukses mencetak 24 gol di liga di musim pertamanya dengan Liverpool. Ini merupakan rekor baru bagi seoang striker asing dalam satu musim. Bersama timnas Spanyol, dia juga berperan penting membawa skuadnya mnenjadi juara di Euro 2008. Penyerang berusia 24 tahun ini sukses mencetak gol kemenangan bagi tim Matador di final Euro 2008 lalu. Atas kontribusinya tersebut Torres terpilih sebagai Man of The Match.
Xavi Hernandez :
Gelandang Barcelona ini menunjukkan performa terbaiknya saat ikut membantu Spanyol menjadi juara Eropa. Dia dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut. Xavi memiliki peran besar saat memberikan passing kepada Torres untuk mencetak gol kemenangan 1-0 atas Jerman. Ia pun merupakan pemain penting dalam skuad Barcelona saat ini yang sedang memimpin klasemen Primera Liga. Baru-baru ini pemain berusia 26 tahun ini dinobatkan sebagai playmaker terbaik 2008 oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS).
Lionel Messi :
Pemain Argentina memang disebut sebut sebagai Diego Maradona. Messi memang memiliki bakat dengan kemampuan kontrol bola yang luar biasa dan cerdik, serta licin melewati lawan serta mampu mencetak gol yang indah. Hal itu diperlihatkan Messi kepada Maradona yang kini melatih tim Argentia dengan mencetak hat-trick ke gawang Atletico Madrid di Vicente Calderon Selasa lalu. Dia sudah menjalani debutnya di tim Barcelona senior saat masih berusia 16 tahun. Sedangkan di timnas Argentina, Messi telah tampil penuh di usia 16 tahun saat melakukan ujicoba melawan Hongaria Agustus 2005. Messi sukses membawa Argentina meraih medali emas di Olimpiade Beijing tahun lalu. Musim ini ia mencetak 10 gol di Primera Liga guna membantu Barcelona memimpin klasemen dengan unggul 10 poin.
Kaka :
Playmaker AC Milan dan Brasil ini memang sedang berusaha mempertahankan gelar pemain terbaik FIFA yangf diraihnya pada 2007. Cedera mengganggu karir Kaka selama tahun 2008 ini sehingga dia hanya sedkit tampil.Namun kemampuannya masih tetap harus diakui dan tidak heran masih tetap masuk dalam kandidat pemain terbaik FIFA. Kehadiran Kaka memang mampu memberikan perubahan baik bagi Milan dan juga timnas Brasil.
Sumber : Detisport

0 Comments: